Pengantar komunikasi kelompok. 1

 A. Sejarah komunikasi 

 Komunikasi adalah pemberitahuan atau pertukaran yang bersifat bersama- sama. Komunikasi terdiri dari pembawa pesan ,isi pesan, media pesan dan pengertian atau pemahaman  masing -masing pihak.

 Ilmu komunikasi berawal sejak retorika terlahir sebagai pengetahuan ,seni bicara secara lisan ,tatap muka dalam konteks publik.

Secara singkatnya sejak tahun 1960-an sampai sekarang itu terus menerus mengalami perkembangan ilmu komunikasi, dari masa ke mada semakin kompleks dan mengarah pada spesialisasi.

Bisa kita lihat,  dalam beberapa contoh dalam hal (1) kemajuan teknologi komunikasi dan informasi seperti komputer, VCR, TV cable, Parabola, video home computers, satelit komunikasi, teleprinter, videotext, laser vision, dan alat-alat komunikasi jarak jauh lainnya, (2) tumbuhnya industri media yang tidak hanya bersifat nasional, tetapi juga regional dan global,  (3) semakin gencarnya kegiatan pembangunan ekonomi di seluruh negara, serta (4) semakin meluasnya proses demokrasi (liberalisasi) ekonomi dan politik.

Di Eropa ia berkembang menjadi  publishing sedangkan di Amerika ia lebih dikenal dengan sebutan ilmu komunikasi. 


B. Definisi komunikasi 

  Definisi dari berbagai ahli 

Menurut David K Berlokasi komunikasi adalah bentuk interaksi yang saling mempengaruhi satu sama lain, secara sengaja atau tidak sengaja . Sedangkan menurut Hoben Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal .  

Sedangkan Anwar Arifin Komunikasi adalah suatu konsep yang multi makna,Makna komunikasi dapat berdasrkan komunikasi sebagai proses sosial

Menurut prof. Dedy Mulyan ,ilmu komunikasi semakin memiliki posisi yang penting  dalam pengembangan dan pengkajian nya selaras dengan perkembangan ,peradaban, dan kemajuan teknologi manusia oleh tiga alasan , yaitu: 

1.Komunikasi sebagai ilmu

2. Komunikasi sebagai penelitian

3. Komunikasi sebagai keterampilan atau kompetensi komunikasi mengacu pada kemampuan berkomunikasi secara efektif

Berkomunikasi yang efektif bisa dilakukan dg cara

1. Komunikator harus menghargai setiap individu

2. Komunikator harus menempatkan diri pd situasi dan kondisi yg dihadapi org

3.pesan dpt diterima dan dingerkan dg baik oleh penerima

4. Kejelasan pesan sehingga tdk menimbulkan kesalahfahaman

Karakteristik Komunikasi 

 1.  Komunikasi Sebagai proses

2. Komunikasi adalah upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan

3. Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari pelaku yang terlibat

4. Komunikasi bersifat simbolis 

5. Komunikasi bersifat transaksional

6. Komunikasi menembus ruang dan waktu 

 Komunikasi yg bersifat transaksional itu komunikasi yg erat hubungannya dg proses/kegiatan transaksi contohnya yg dilakukan oleh penjual dan pembeli dalam kegiatan jual beli, isi komunikasi yg di lakukan oleh keduanya itu seputar dg jual beli, tawar-menawar dan lain sebagainya dalam konteks transaksi. 

Komunikasi bisa dikatakan dapat menembus ruang dan waktu. Maksutnya disini adalah pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama. contohnya seperti sekarang ini kita berkomunikasi melaui WA.  Kalau tatap muka belum tentu tepat ya waktunya.

Tujuan akhir dari sebuah Komunikasi adalah memahami pesan yang disampaikan oleh pemberi pesan.

Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikator kepada komunika untuk mencapai suatu kesamaan pemahaman terhadap suatu hal. 

Tujuan dari tingkatan komunikasi sendiri adalah membedakan bagaimana cara kita berkomunikasi,  dengan siapa kita berkomunikasi, media apa yang kita gunakan dengan berkomunikasi,  misal jika kita mau berkomunikasi dengan masyarakat, cara berbicara, bahasa, dan media yang digunakan dengan masyarakat kan pastinya berbda dengan komunikasi dengan antar pribadi, misalnya jika komunikasi antar pribadi komunikasi bisa melalui percakapan tatap muka, korespondensi, percakapan melalui telepon, dsbnya. Jika komunikasi  ditujukan kepada masyarakat luas  Bentuk kegiatan komunikasinya dapat dilakukan melalui dua cara :Komunikasi massa Yaitu komunikasi melalui media massa seperti radio, surat kabar,  TV, dsbnya.Langsung atau tanpa melalui media massa Misalnya ceramah, atau pidato di lapangan terbuka.

Tahapan -tahapan komunikasi 

Pengirim pesan, isyarat,media mengartikan pesan ,penerima pesan, feedback dan gangguan.

Komunikasi itu pasti ada feedbacknya entah itu berupa feedback langsung maupun tidak langsung. Contoh dr feedback tidak langsung seperti kita membaca sebuah berita di koran tetapi kita tidak bisa menanggapi berita tersebut maka dari itu kita bisa membuat rubrik pembaca untuk menanggapi berita tsb dan masih banyak contoh yg lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelompok 14

Kelompok 15